Dasar-dasar C++

Sebelum kita mulai mempelajari pemrograman bahasa C++, ada baiknya kita tahu sejarah dari C++ itu sendiri. Bahasa C++ merupakan pemrograman terstruktur dimana untuk menyelesaikan sebuah masalah harus bertahap sesuai dengan algortima pemrograman, dimana secara garis besar program yang akan dieksekusi dari awal secara berurut sampai akhir. Bahasa C++ sendiri merupakan bahasa pemrograman yang lumayan banyak digemerai oleh programmer dan merupakan dasar untuk mempelajari bahasa pemrograman yang lebih grafis (GUI) seperti Visual C++, Visual C, dan lain-lain.


Sejarah C++

Bahasa C++ dibuat oleh Bjame Stroustrup di AT dan T Bell Laboratorium pada tahun 1980 yang merupakan pengembangan dari bahasa C. Pada awalnya bahasa ini disebut dengan C With Classes, sedangkan menggunakan nama C++ dimulai sejak 1983, yang diusulkan oleh Rick Mascitti.
Bahasa C++ mengembangkan kemampuan dari bahasa C yaitu dengan :
a. Memberikan dukungan untuk menciptakan dan memanfaatkan abstraksi data.
b. Dapat digunakan untuk pemrograman berorientasi objek.
c. Dan yang terakhir telah menutupi beberapa kekuarangan dalam bahasa C.


Cara Kerja C++

Supaya bahasa pemrogrman dapat dimengerti oleh komputer maka, maka program tersebut diterjemahkan dulu kedalam kode bahasa mesin yang menggunakan compiler, sehingga kita mudah melakukan pemrograman.
Bahasa pemrograman C++ menggunakan banyak version software, dan pada kali ini kita akan menggunakan software buatan Borland yaitu Borland C++ untuk mempelajari


Interface Borland C++
interface1

Keterangan :
Teks Editor : Merupakan tempat untuk menulis source code
Messege : Merupakan pesan kesalahan atau pesan hasil compilasi
Ouput : Hasil ouput dari hasil run program
Toolbar : Tempat tool untuk kompilasi, save, open, dan lain-lain.

1 komentar:

  1. Santekno : Terimakasih gan informasi dan tutorialnya mantep banget gan, ane juga banyak nih tutorialnya. Semoga bermanfaat gan.

    BalasHapus

jangan lupa tinggalkan coment nya..!!