Tipe Data Dasar C++

Tipe data merupakan format yang digunakan untuk menginisialisasi sebuah variabel, dimana variabel tersebut mempunyai ukuran, size maupun bertipe string, character ataupun number. Berikut beberapa tipe data dasar dalam C++ :

tipedata


Karakter Khusus
Karakter khusus merupakan karakter yang mewakili suatu perintah khusus dalam pemrograman, karakter khusus tersebut biasa disebut dengan escape. Escape sendiri memberikan intruksi pada praprosesor tanpa melalui include file header. Berikut karakter-karakter khusus dalam C++.
escape


Variabel
Variabel merupakan suatu pengenal atau identifier yang digunakan untuk memberikan suatu nilai tertentu didalam pemrograman. Nilai suatu variable bersifat dinamis yang berarti dapat berubah-ubah, lain hal dengan kontanta yang nilai bersifat tetap / mutlak. Aturan dalam pendeklarasian variable :
1. Variabel dapat dideklarasi dengan menggunakan gabungan huruf dan angka dengan syarat karakter pertama haruslah huruf.
2. Variabel yang dideklarasi tidak boleh menggunakan spasi, apabila ingin menggunakan spasi lebih baik gunakan garis bawah(underscore).
3. Variabel yang dideklarasi tidak boleh menggunakan simbol-simbol khusus seperti : $, &, ?, <, dan sejenisnya.
4. Panjang variable bebas, tetepi yang bisa dikenali hanyalah 31 karakter pertama. Apabila nama variable panjang sebaiknya disingkat, misalnya Nomor induk pegawai disingkat NIP.

Bentuk Umum deklarasi variable :
variable

Contoh Program
list2

Output Program

output2

sumber :http://dickynd.wordpress.com/



0 komentar:

jangan lupa tinggalkan coment nya..!!