Mengenal File dan Folder

Kadang para pengguna komputer yang masih pemula masih bingung dengan folder dan file untuk itu saya mencoba memberikan pengertian tentang file dan folder agar para sobatku bis amembedakan file dengan folder.
 
Bagi rekan yang sudah sering menggunakan komputer sudah tentu tidak asing lagi dengan file dan folder tapi bagaimana dengan para sobat yang masih pemula, tak terkecuali para pengguna komputer yang sudah lama sekali pun masih ada yang tidak bisa membedakan file dan folder. Sebagai contoh nyata ni sobat ya.... pernah saya dipanggil untuk memperbaiki komputer sesorang yang tidak mungkin saya sebutkan namanya di sini. karena komputernya terserang virus yang cukup serius sehingga menyebabkan file sistem windowsnya rusak, sudah saya coba repair tapi tetap saja tidak jalan juga, pada akhirnya saya putuskan untuk install ulang total dengan terlebih dahulu mem-format hard disknya agar virus pun ikut lenyap.

Sebagai tindakan penyelamatan tentu saya menanyakan lokasi file-file yang harus saya backup terlebih dahulu untuk mempermudah mencari file data yang penting. Namun kira-kira apa jawaban orang ini untuk saya, sobat tau....ternyata jawaban yang sangat tidak saya harapkan yaitu "saya biasanya ketik langsung simpan".

Setelah mendapat jawaban seperti ini tentu bagaimana kira-kira yang bergelayut di pikar sobat.....dipikar saya setelahj mendapatkan jawaban seperti itu rasanya data beliau tersimpan tentunya di dalam folder My Documents karena secara default semua documents di arahkan oleh windows untuk menyimpan di dalam folder my documents.

Ternyata........... setelah saya membuka folder my documents hanya berisikan folder standar dari windows dan data yang di maksudpun tidak ada sama sekali.
Dari situ saya beranggapan bahwa beliau ini belum mengenal file ataupun folder. Untuk membuktikannya saya mencoba menanyakan langsung kepada beliau setelah saya mebuka windows explorer. Setelah itu saya menanyakan kepada beliau bahwa dimana bapak biasa menyimpan data, apakah di drive C:\> atau D:\> eh malah jawabnnya drive itu apa..... wah ini ma tambah suah ya sobat muda....wah mending kita langsung aja dech bagaimana mengenal file dan folder.

File yaitu kumpulan data-data baik berupa teks, angka, gambar, video, slide, program dan lain-lain yang diberi nama tertentu secara digital, sedangkan folder adalah tempat untuk menyimpan file.

Analoginya misalkan surat-surat keluar yang sudah di kemas dalam satu map yang pada label mapnya bertuliskan "Surat Keluar".
Nah sekarang yang mana yang di sebut sebagai file, yang disebut sebagai file adalah map dan isi didalam map itu sendiri sedangkan folder adalah "laci" dari sebua meja kerja.
Sedangkan meja itu sendiri di sebut juga dengan hard disk, jadi :
Meja = Hard Disk
Laci = Directory/folder
Map = File
Nama file secara digital baisanya terdiri dari 2 (dua) bagian penting yaitu nama file utama dan nama perluasannya. Nama perluasannya itu biasanya diberikan secara langsung oleh aplikasi atau program itu sendiri dalam pembuatan dokumen itu.
Misalkan nama filenya adlah : "suratkeluar.doc", di sini yang di sebut nama file utama adalah "suratkeluar" sedangkan "doc" adalah nama perluasannya yang diperoleh secara otomatis dari aplikasi microsoft office. Jadi tugas kita hanya menamakan nama file utamanya saja sedangkan nama perluasannya biarkan komputer yang secara otomatis menambahkan ke file utama kita.
Sebagai contoh pengenalan nama file serta aplikasi atau proigram apa file ini di buat maka perhatikan beberapa contoh file berikut ini :
  • surat.doc, file Microsoft Word
  • tabel.exl, file Microsoft Exel
  • logo.cdr, file corel draw
  • presentasi.ppt, file Microsoft PowerPoint
  • gambar.bmp, file Paint atau Photoshop
  • dll
Bagaimana dengan folder ?, nah folder seperti sudah saya analogikan di atas bahwa folder adalah tempat penyimpanan file-file. Jadi sebaiknya folder folder ini juga di berikan sebuah nama yang identik dengan isi dari folder itu sendiri, misalnya folder untuk surat-surat sebaiknya di berikan nama "surat" ini dimaksud agar membantu kita dalam mempermudah untu menemukan data.
Jelasnya perhatikan gambar berikut :









Bagimana sobat, sudah bisa membedakan mana file dan mana folder ? yang paling utama harus dipahami pada file dan folder adalah artinya yaitu Folder artinya tempat menyimpan dokumen sedangkan file adalah dokumen. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang belum mengenal file dan folder.

0 komentar:

jangan lupa tinggalkan coment nya..!!