Robot Canggih ASIMO


Sejak dimulai pada tahun 2000, Asimo sendiri telah melalui beberapa perbaikan yang berkaitan dengan keterampilan motorik, manuver, dan indra. Dari perspektif fisik, para ilmuwan telah mengembangkan suatu pola baru berjalan / berlari yang memungkinkan robot Asimo  untuk bergerak jauh lebih cepat dari 6 km per jam (3,7 mph) hingga 9 kilometer per jam (5,6 mph).


Dalam hal ini, perbaikan tidak hanya terkait dengan kecepatan gerakan, tetapi juga dengan kelancaran gerakan yang melekat. Menurut desainer, Asimo memiliki 'derajat kebebasan' lebih dari 34 dalam tubuhnya, mulai dari kepala ke 'boot'. Fitur-fitur inovatif memungkinkan alat untuk memanjat tangga, berlari, melompat dan bahkan mengangkat satu kaki, sehingga memfasilitasi replikasi naturalistik menggerakkan perilaku manusia.



Berjabat Tangan Secara Otomatis


Di luar kegiatan menggerakkan bagian tubuh yang luar biasa, Asimo juga diberkahi dengan kemampuan penginderaan canggih. Para desainer telah mengembangkan sistem cerdas, yang memungkinkan robot untuk mengenali berbagai pola seperti benda acak, tekstur, warna, suara dan kondisi perilaku seperti gerak tubuh dan atribut wajah.



Semua informasi ini ditangkap oleh built-in sistem kamera ganda Asimo itu (dalam kepala). Robot menerima info ini visual, dan kemudian memproses data untuk tindakan responsif. Sebagai contoh, jika tangan diperpanjang menuju Asimo, robot akan mengakui itu sebagai undangan untuk jabat tangan, dan dengan demikian memperluas ekstremitas untuk menyelesaikan tindakan (tangan gemetar). Sebagai soal fakta, Asimo hampir mandiri cerdas memiliki kemampuan mengenali 10 wajah yang berbeda dan berinteraksi dengan mereka. Selain itu, juga dapat memahami pola-pola suara dan suara untuk memilih mitra yang diakui (manusia interaktif).

Mampu Selesaikan Tugas
Kita telah berbicara tentang karakteristik menggerakkan Asimo seperti berjalan, berlari dan melompat. Seiring dengan ini, robot ini juga diresapi dengan sejumlah atribut fisik, dibuat khusus untuk mencapai tugas-tugas tertentu. Hal ini dapat dilihat dalam pertimbangan struktur rumit yang dilakukan oleh para ilmuwan, terutama dalam multi-joint tangan, kaki dan jari-jari.
Menurut desainer, tungkai dan ekstensi mereka dilengkapi dengan teknologi kontrol orbit yang memungkinkan untuk mengontrol dari 57 motor tertanam dalam sendi. Hal ini pada gilirannya endows ASIMO dengan 'pintar' memiliki kemampuan seperti fungsi kontrol jari (membawa dan membuka kotak kecil), menghindari dan mendekati objek tertentu dalam medan kompak / keramaian.


ASIMO di CES 2007 Las VegasAsimo di CES 2007 Las Vegas 
Asimo telah melakukan tur di seluruh dunia, menampilkan bakat yang unik, bakat dan kemampuan. Kadang-kadang disebut-sebut sebagai robot humanoid yang paling maju di dunia, konsepsi ini masih sedang dikembangkan untuk kemampuan yang mengagumkan selanjutnya.
Bersama ini, perkembangan fitur telah semakin canggih, seperti yang sekarang, sistem yang rumit telah mengalami beberapa perbaikan penting. Semua augmentations telah serius ditekankan secara keseluruhan tingkat otonomi 'cerdas' (yang tentunya menggantikan kendala kontrol manual).
Segudang atribut diinfus di ASIMO membuatnya nyaris menjadi sempurna, seperti melakukan pekerjaan fisik dengan teliti dan berat seperti membantu keluar orang-orang tua.
Selain itu, robot ini ditanami dengan teknologi adaptasi cerdas, yang memungkinkan untuk bergerak di lingkungan yang sama sekali tidak diketahui. Jadi, tentu kita bisa berharap untuk masa depan bahwa Asimo dapat digunakan untuk membantu manusia bahkan dalam kasus - kasus darurat seperti tanah longsor, tumpahan minyak dan gempa bumi.

0 komentar:

jangan lupa tinggalkan coment nya..!!