Operator Dasar Dalam C++

Operator merupakan intruksi khusus yang dikenai untuk variable. Operator-operator yang sering digunakan dalam pemrograman adalah operator Aritmatika, Operator pembanding, Operator Logika, dan lain-lain, namun yang akan kita bahas kali ini adalah Operator Aritmatika, Operator pembanding, dan Operator logika.


Operator Aritmatika
Operator Aritmatika merupakan operator yang digunakan untuk fungsi/operasi matematika, operator aritmatika dasar untuk C++ dan tanpa proses include :
* : untuk perkalian
/ : untuk pembagian
% : untuk sisa hasil bagi (modulus)
+ : untuk penjumlahan
- : untuk pengurangan
tapi yang akan dibahas kali ini adalah operator aritmatika dasar aja, tapi sekedar pengetahuan saja, operator Aritmatika yang menggunakan file header math.h seperti berikut :
pow(a,b) : untuk pemangkatan
max() : untuk mencari nilai maximal
min() : untuk mencari nilai minimum
sqrt() : untuk menghitung akar suatu bilangan

Contoh Program
listaritmatika1

Output
output3


Operator Pembanding
Operator pembanding digunakan untuk membandingkan antara dua buah variabel. Operator pembanding sering pada saat pengecekan atau statemen if, perulangan atau statemen for, while, do while. Tapi sekarang kita akan membahas dasar penggunaannya dulu. Operator pembanding yang sering digunakan adalah sebagai berikut :
opembanding


Contoh Program
listpembanding

Output Program
ouputpembanding



Operator Logika
Operator logika merupakan operator yang membandingkan hubungan antara dua hasil dari operasi pembanding. Operator logika membandingkan logika hasil dari dua operasi pembanding dan akan melakukan operasi khusus apabila bernilai benar dan apabila bernilai salah maka akan melakukan sebaliknya. Operator yang digunakan dalam operasi logika ada tiga yaitu :
Logika
Keterangan
&&
Logika dan (AND)
||
Logika or (ATAU)
!
Logika not (INGKARAN)

Di bawah merupakan tabel logika dari AND, OR, NOT, yang akan terjadi apabila kondisi bernilai sebagai berikut :
tabellogika

Contoh Program
listlogika


Output Program
ouputlogika



 sumber :http://dickynd.wordpress.com/



0 komentar:

jangan lupa tinggalkan coment nya..!!